Skema Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika

Berang-berang sarjana hukum,
Assalamualaikum!^^
Semoga kesehatan dan kebahagiaan selalu menyelimuti kita semua, aamiin.

Di kesempatan kali ini, dengan judul Skema Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika, saya akan mengulas analisis saya terkait skema pembelajaran matematika yang baik dengan berpedoman atau basis etnomatematika.


Deskripsi :

Etnomatematika merupakan kegiatan mempelajari matematika dengan memanfaatkan budaya lingkungan sekitar siswa. Untuk itulah, di dalam skema pembelajarannya terdapat observasi dan analisis sisi budaya. Langkah ini merupakan pembeda utama didalam skema pembelajaran matematika yang biasa kita lakukan. Kita terlebih dahulu diminta untuk mengetahui yang manakah yang bisa digunakan dalam pembelajaran dengan langkah observasi dan analisis tersebut. Langkah ini dilakukan setelah sebelumnya dilakukan tinjauan terhadap pencapaian belajar siswa pada suatu topik. Menurut saya langkah ini sangatlah penting bagi kita selaku pendidik jika ingin menerapkan pembelajaran matematika berbasis etnomatematika dalam pembelajaran di dalam kelas.



Skema yang dibuat adalah rancangan secara general, karena saya yakin teman-teman pembaca semua sudah memahami prosedur yang baik dalam setiap langkahnya seperti penyusunan RPP, LKPD, atau membuat instrumen penilaian. Saya hanya melakukan penekanan dengan memberi gambaran umum, dengan harapan setelahnya teman-teman pembaca bisa mengembangkannya sesuai dengan kebutuhan dan kompetensi yang hendak dicapai dalam pembelajaran.

terimakasih untuk teman-teman pembaca sudah membaca sampai akhir;)
saran dan masukan sangat saya harapkan untuk kebaikan saya kedepannya, teman-teman pembaca dapat diskusikan pada kolom komentar, atau menghubungi email penulis.

kamu dapat melihat fullnya! just klick here:)

stay happy and healthy, everyone!
semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

(UPDATE!) Laporan Observasi Situs Bersejarah Candi Plaosan

Kedudukan Etnomatematika