Rancangan Perencanaan Pembelajaran (RPP)



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

                                        Satuan Pendidikan                : SMP Yogyakarta
                                        Mata Pelajaran                      : Matematika
                                        Kelas/semester                      : 8/Dua
                                        Materi Pokok                        : Bangun Ruang
                                        Pertemuan                             : 7
                                        Alokasi Waktu                      : 1 pertemuan ( 1  x 30 menit)


A.      Kompetensi Inti

1.        KI 3     : Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
2.        KI 4     : Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.9   Membedakan dan menentukan
luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar (kubus, balok, prisma, dan limas) 

3.9.1       Menentukan luas permukaan dan
volume bangun ruang sisi datar (kubus, balok, prisma dan limas)
3.9.2        Menentukan luas permukaan bangun ruang sisi datar (kubus, balok, prisma, dan limas)
3.9.3        Menentukan volume bangun ruang sisi datar (kubus, balok, prisma, dan limas)
4.9   Menyelesaikan masalah yang
   berkaitan dengan  luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar (kubus, balok,  prima dan limas), serta  gabungannya.
4.9.1       Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas permukaan bangun ruang sisi datar (kubus, balok, prisma, dan limas)
4.9.2       Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume bangun ruang sisi datar (kubus, balok, prisma, dan limas)
4.9.3       Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas permukaan gabungan bangun ruang sisi datar.
4.9.4       Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume gabungan bangun ruang sisi datar.

C.      Tujuan Pembelajaran  
1.    Pertemuan 7
3.9.1.10     
Siswa mampu menentukan luas permukaan gabungan bangun ruang sisi datar setelah berdiskusi dalam kelompok.
3.9.2.4        

Siswa mampu menentukan volume gabungan bangun ruang sisi datar  setelah berdiskusi dalam kelompok.
4.9.3.1       

Siswa mampu menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan luas permukaan gabungan bangun ruang sisi datar setelah menemukan rumus luas permukaan gabungan bangun ruang sisi datar.
4.9.4.1     

Siswa mampu menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan volume
gabungan bangun ruang sisi datar setelah menemukan rumus volume gabungan bangun ruang sisi datar.

D.      Materi Pembelajaran 
Luas Permukaan dan Volume Bangun Ruang Gabungan (lampiran 2)




E.       Metode Pembelajaran
Model pembelajaran yang digunakan adalah meaningful learning dengan metode ceramah dan diskusi.

F.       Sumber Belajar
1.         Buku Siswa
Abdur Rahman As’ari,dkk. 2017. Matematika. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (344)
2.         Buku Guru
Abdur Rahman As’ari,dkk. 2017. Matematika : Buku Guru. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (408)

G.      Media Pembelajaran
1.         Media
a.     LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik)
b.     Power Point
2.         Alat dan bahan
a.    Kertas karton
b.    Papan Tulis
c.    Spidol

H.           Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran  

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
  1. Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa
  2. Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. Siswa yang diminta membaca do’a adalah siswa siswa yang hari ini datang paling awal. (Menghargai kedisiplikan siswa/PPK).
3.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada hari ini, yaitu :
a.    Siswa mampu menentukan luas permukaan gabungan bangun ruang sisi datar
b.    Siswa mampu menentukan volume gabungan bangun ruang sisi datar 
c.    Siswa mampu menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan luas permukaan gabungan bangun ruang sisi datar
d.    Siswa mampu menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan volume
e.    gabungan bangun ruang sisi datar
Apersepsi
4.      Guru menanyakan apakah siswa masih mengingat materi tentang luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar (kubus, balok, prisma, dan limas) dengan menampilkan gambar.
Motivasi
5.      Guru memberikan motivasi kepada siswa tentang penerapan luas permukaan dan volume tabung pada kehidupan sehari-hari,
”Dengan memahami konsep luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar, kita dapat menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari yaitu semisal ketika kita akan membangun sebuah bangunan dan memperhitungkan berapa banyak bahan-bahan yang dibutuhkan, seperti : cat, batu bata, pasir, semen, dan kaca.”
 5 menit
Kegiatan
Inti
A.       Intentional (Niat/Sengaja)
Setelah mendengarkan apersepsi dan motivasi yang di sampaikan guru, peserta didik memiliki niat belajar dan dengan sengaja melibatkan diri dalam pembelajaran materi bangun ruang sisi datar khususnya pada gabungan bangun ruang sisi datar.

B.       Authentic (Kenyataan)
Guru memberikan permasalahan serta gambar nyata terkait gabungan bangun ruang sisi datar.
”Perhatikan gambar berikut.

Bebatuan ini berada di kompleks wisata Candi Plaosan. Candi ini merupakan candi perpaduan Hindu-Budha yang sangat cantik. Mengingat umurnya yang sudah sangat tua, memberikan kita informasi bahwa bentuk-bentuk gabungan bangun ruang sisi datar sudah hadir jauh sebelum hari ini kita akan mempelajarinya.
Dapatkah kamu memastikan, bangun ruang apa saja yang membentuk bebatuan ini?”
C.       Active (Aktif)
Siswa aktif memperhatikan gambar yang disajikan dan memahami penjelasan dari guru. Siswa kemudian menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru. “terdapat gabungan bangun balok dan prisma bu.”
Peserta didik diperbolehkan bertanya tentang apa yang diamatinya,
“apakah mencari volumenya sama dengan ketika kita mencari volume bangun ruang tidak gabungan?”
D.       Cooperative ( Kerjasama)
Guru memenyajikan sebuah permasalahan kontekstual tentang gabungan bangun ruang sisi datar.
Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 3 orang disetiap kelompoknya. Setelah itu, peserta didik mendapat Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), satu kelompok satu LKPD (lampiran 1). Waktu yang diberikan yaitu selama 10 menit.
Siswa bersama kelompoknya berdiskusi dan bekerjasama untuk menemukan jawaban dari permasalahan bangun ruang sisi datar yang tepat.
E.       Constructive (Membangun)
Setelah mengerjakan LKPD, peserta didik di harapkan dapat mengaitkan dan menghubungkan pengetahuan yang sebelumnya yaitu terkait volume dan luas permukaan bangun ruang sisi datar (kubus, balok, limas dan prisma) dengan pengetahuan sekarang terkait luas permukaan dan volume gabungan bangun ruang sisi datar.
Pengetahuan sebelumnya :
Hasil gambar untuk gambar balok  Hasil gambar untuk gambar balok Hasil gambar untuk gambar prisma segitigaHasil gambar untuk gambar prisma limas
Pengetahuan hari ini :

               


   20 menit

Kegiatan
Penutup
1.    Bersama sama dengan siswa, guru membuat kesimpulan yang diperoleh setelah melakukan diskusi, presentasi dan tanya jawab.
2.    Guru merefleksikan kegiatan yang telah dilakukan. Menyebutkan poin-poin penting dari pembelajaran hari ini.
3.    Guru memberi latihan soal sebagai tugas dirumah untuk mengukur pemahaman individu siswa.
4.    Guru menginformasikan tentang apa yang dipelajari peserta didik pada pertemuan yang akan datang.
5.    Salam dan doa penutup dipimpin oleh salah satu siswa

    5 menit

I.         Penilaian
1.         Penilaian Sikap Spiritual dan Sosial
a.       Teknik penilaian            : Observasi
b.      Bentuk instrumen           : Catatan Jurnal (lampiran 3)
c.       Waktu pelaksanaan        : Saat pembelajaran berlangsung

2.         Penilaian Pengetahuan dan Keterampilan
a.       Teknik penilaian            : Tes
b.      Bentuk instrumen           : Soal uraian (lampiran 4) dan pedoman
 penskoran (lampiran 5)
Indikator Soal
Level Kognitif
Bentuk Soal
Nomor Soal
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas permukaan gabungan bangun ruang sisi datar
C3
C4
Uraian
1 dan 2
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume gabungan bangun ruang sisi datar.
C3
Uraian
1

J.        Lampiran-Lampiran
1.      Lampiran 1
Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)
2.      Lampiran 2
Materi Pembelajaran Bangun Ruang Gabungan Sisi Datar
3.      Lampiran 3
Lembar Penilaian Sikap Spiritual dan Sosial
4.      Lampiran 4
Lembar Indikator Penilaian Sikap Spiritual dan Sosial
5.      Lampiran 5
Lembar Tes Pertemuan ke-7
6.      Lampiran 6
Pedoman Penskoran Tes Pertemuan ke-7


Mengetahui,
Kepala SMP Negeri Yogyakarta                                    Guru Mata Pelajaran


     ____________________________                           Salsabila Nadifah Fitriani
   NIP.                                                                           NIM. 17301244033





Lampiran 2.  Lembar Materi Pembelajaran


GABUNGAN BANGUN RUANG SISI DATAR

Diberikan gambar sebagai berikut :

                    https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhuWRBJzwLstFGyzLqSWCx_RhFZquYelbpliTfbDDfcyaYDw-72D3CTQp0vtWnJdfSKoM_rr_tab0e4bekRX93y9hp0RAZPWd9QjF_61qZl3KmLAvfgSesphjZOg9cTHyffkDJvxKyMoMs/s1600/3383907_tendapramuka1.jpg        https://storage.googleapis.com/tempatwisataunik/2016/01/Monas-Jakarta.jpg               Sumber : tenthood.blogspot.com                                  Sumber : bataviatempoedoeloe.wordpress.com
Gambar-gambar tersebut terbentuk dari gabungan bangun ruang sisi datar. Pada gambar pertama yaitu tenda, terbentuk dari gabungan bangun ruang sisi datar balok dan juga prisma segitiga. Sedangkan pada gambar kedua yaitu monas, bagian bawahnya merupakan gabungan dari limas segiempat terpotong dan persegi, sedangkan bagian tengah terdiri atas prisma dan bagian atasnya prisma atau balok dan limas (mendekati limas). Ini menunjukkan bahwa gabungan bangun ruang sisi datar dapat terimplementasikan ke dalam bentuk-bentuk bangunan yang ada di sekitar kita.
Gambar pertama yaitu tenda, terbentuk dari gabungan bangun ruang sisi datar balok dan juga prisma segitiga. Sedangkan pada gambar kedua yaitu monas, bagian bawahnya merupakan gabungan dari limas segiempat terpotong dan persegi, sedangkan bagian tengah terdiri atas prisma dan bagian atasnya prisma atau balok dan limas (mendekati limas). Ini menunjukkan bahwa gabungan bangun ruang sisi datar dapat terimplementasikan ke dalam bentuk-bentuk bangunan yang ada di sekitar kita.
Jika kita diminta untuk menghitung luas permukaan untuk membeli kain pada tenda atau kramik pada monas, atau menghitung satuan udara yang berada pada kedua bangun tersebut, kita dapat mencarinya yaitu dengan menghitung gabungan bangun datar sisi ruang yang membentuk bangunan-bangunan tersebut.
Ingat kembali beberapa rumus volume dan luas permukaan suatu bangun ruang sisi datar:


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhBadXfe721w2uVDsvyvAQryHGgcVdPFGENP6HOccbkucDnZ8CU0I8cd1JlmmUXFrSAf1ieZtl3px76Kq-AtBD-0OjjMBJc_gVOn0OTJLq279TLcBhLsIV1iG2TEJo-htgCwgpGzCGNMxQh/s1600/bangun+ruang.jpg
Setelah mengingat kembali kita bisa masuk ke dalam materi gabungan bangun ruang sisi datar, dengan diberikan sebuah permasalahan lalu mengidentifikasinya.





Lampiran 3.  Lembar Penilaian Sikap Spritual dan Sosial

No
Nama
Sikap yang Dinilai
Total Nilai
Nilai Akhir
(Total Nilai/4)
Ket
Berdoa
Aktif
Cermat
Pantang Menyerah
1.








2.








3.








4.








5.








6.








7.








8.








9.








10.








11.








12.








13.








14.








15.











Lampiran 4.  Indikator Penilaian Sikap Spritual dan Sosial


  NO.

SIKAP
INDIKATOR
NILAI
1
Berdoa
Tidak membaca doa
1
Membaca doa dengan tidak khusyu’ (bercanda atau mengganggu temannya yang berdoa)
2
Membaca doa
3
2
Gotong royong
Tidak terlibat sama sekali dalam proses diskusi dan pembelajaran
1
Terlibat kurang aktif dalam proses diskusi dan pembelajaran
2
Terlibat aktif dalam proses diskusi dan pembelajaran
3
3
Rasa ingin tahu
Tidak pernah mengajukan pertanyaan selama proses diskusi dan pembelajaran berlangsung
1
Jarang mengajukan pertanyaan selama proses diskusi dan pembelajaran berlangsung
2
Sering mengajukan pertanyaan selama proses diskusi dan pembelajaran berlangsung
3
4
Percaya diri
Tidak berani bertanya, berpendapat, dan menjawab pertanyaan
1
Sesekali berani bertanya atau berpendapat atau menjawab pertanyaan dengan bimbingan guru
2
Berani bertanya, berpendapat, menjawab pertanyaan, serta presentasi di depan kelas
3


Keterangan :
< 4            =          D
4−6           =          C
7−9           =          B
10−12       =          A



Lampiran 5. Lembar Penilaian Pengetahuan dan Keterampilan


      TES PERTEMUAN 7
Kelas/Semester          : VIII / Dua
Mata Pelajaran           : Matematika
Topik                         : Bangun Ruang Sisi Datar
Waktu                        : 15 menit

SOAL
1.    Perhatikan gambar berikut ini!
Diketahui balok berukuran 16 cm x 16 cm x 4 cm. Jika tinggi limas 6 cm, tentukanlah :
a. luas permukaan bangunan
b. volume bangunan
2.    Sebuah tenda berbentuk bangun seperti berikut.
Hasil gambar untuk tent picture
Berapakah luas kain yang dibutuhkan untuk membuat tenda seperti itu (tanpa memperhatikan jendela dan pintu) bila alasnya berbentuk persegi dengan ukuran (4 x 4) m2, tinggi bagian tenda yang berbentuk prisma 2 m dan sisi tegak bagian atapnya berukuran 3 m?



Lampiran 6. Pedoman Penskoran Tes Pertemuan 7

PEDOMAN PENSKORAN TES PERTEMUAN 7
Tes pertemuan 7 terdiri dari soal uraian.

Untuk soal nomor 1 dan 2 :
1.        Skor 4 apabila jawaban benar dan lengkap. (jawaban benar, menuliskan rumus luas dan/atau volume dengan benar serta dilengkapi dengan tahapan diketahui, ditanyakan, jawaban, dan kesimpulan).
2.        Skor 3 apabila jawaban benar namun tidak dilengkap. (jawaban benar, tidak menuliskan rumus luas dan/atau volume dengan benar serta dilengkapi dengan tahapan diketahui, ditanyakan, jawaban, dan kesimpulan).
3.        Skor 2 apabila jawaban salah namun lengkap. (jawaban salah menuliskan rumus luas dan/atau volume dengan benar serta dilengkapi dengan tahapan diketahui, ditanyakan, jawaban, dan kesimpulan).
4.        Skor 1 apabila jawaban salah dan tidak lengkap.
5.        Skor 0 apabila tidak ada jawaban.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

(UPDATE!) Laporan Observasi Situs Bersejarah Candi Plaosan

Kedudukan Etnomatematika

Skema Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika