(UPDATE!) Laporan Observasi Situs Bersejarah Candi Plaosan
Untuk memahami pengaitan antara budaya dengan matematika, ada beberapa langkah yang harus dilalui dalam mata kuliah ini. Setelah melakukan langkah pertama yaitu survei ke situs bersejarah Candi Plaosan, langkah kedua adalah membuat laporan hasil pengamatan.
Apa saja yang diamati?
Pada sistem pendidikan di Indonesia, lembaga pendidikan mengacu pada standar-standar yang telah diterapkan oleh pemerintah. Penerapan standar ini diharapkan mampu menjadi acuan dasar bersama untuk keberlangsungan pendidikan di Indonesia. Standar-standar tersebut ada 2 jenis, yaitu Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD).
Pengamatan kita kali ini berfokus pada Kompetensi Dasar (KD) di Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Mengapa demikian? Menurut asumsi saya, karena saat kita masih pada fase anak-anak dan kemudian bersekolah, Prof. Marsigit pernah mengatakan bahwa pada fase itu matematika adalah sebuah kegiatan. Jika demikian maka pembelajaran matematika berbasis Etnomatematika akan sangat efektif dilakukan. Namun kita harus pandai memilih, sisi mana pada budaya yang dapat menjadi kegiatan yang mengedukasi anak tentang matematika. Untuk itu, observasi dilakukan untuk mengamati dan mengetahui sejauh mana budaya dapat menjadi kegiatan edukasi anak-anak. Yang diamati bisa berupa bentuk, pola, atau mungkin kebiasaan yang terjadi pada masa asal mula budaya tersebut hadir. Setelah kita mengetahui KD apa saja yang dapat dikaitkan dengan budaya kemudian melakukan observasi, langkah selanjutnya yaitu mengolah data hasil pengamatan pada observasi.
Laporan seperti apa yang dihasilkan?
Pada observasi kali ini, laporan yang dihasilkan adalah : analisis informasi yang didapatkan, Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) , Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dan tugas akhir terkait Proses Belajar Mengajar (PBM) dengan Etnomatematika sebagai tokoh utama nya. Berikut saya lampirkan analisis informasi, klik selengkapnya : Langkah- langkah Kegiatan Kuliah etnomatematika 2020.
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN KULIAH ETNOMATEMATIKA 2020
A.
Laporan
Pengambilan Data Etnomatematika
1. Objek 1 :
a. Nama/Ciri-ciri/Tampilan Benda
(Artefak/Budaya) : Dinding Candi
b. Lokasi : Candi Plaosan
c. Unsur Matematika yang Terungkap :
Balok
2. Objek 2 :
a. Nama/Ciri-ciri/Tampilan Benda
(Artefak/Budaya) : Ukiran Relief Raja
b. Lokasi : Candi Plaosan
c. Unsur Matematika yang Terungkap :
Segitiga
3. Objek 3 :
a. Nama/Ciri-ciri/Tampilan Benda
(Artefak/Budaya) : Ukiran Relief pada Dinding
b. Lokasi : Candi Plaosan
c. Unsur Matematika yang Terungkap :
Persegi
4. Objek 4 :
a. Nama/Ciri-ciri/Tampilan Benda
(Artefak/Budaya) : Atap Candi
b. Lokasi : Candi Plaosan
c. Unsur Matematika yang Terungkap :
Prisma
5. Objek 5 :
a. Nama/Ciri-ciri/Tampilan Benda
(Artefak/Budaya) : Batu Hiasan Candi
b. Lokasi : Candi Plaosan
c. Unsur Matematika yang Terungkap : Pola
Simetris
6. Objek 6 :
a. Nama/Ciri-ciri/Tampilan Benda
(Artefak/Budaya) : Batu Hiasan pada Runtuhan Candi
b. Lokasi : Candi Plaosan
c. Unsur Matematika yang Terungkap : Gabungan
bangun ruang balok dan prisma segitiga
7. Objek 7 :
a. Nama/Ciri-ciri/Tampilan Benda
(Artefak/Budaya) : Batu Candi
b. Lokasi : Candi Plaosan
c. Unsur Matematika yang Terungkap :
Tabung
B.
Hubungan
Antara Data Etnomatematika dan Kompetensi Matematika
No.
|
Objek Etnomatematika
|
Ciri/tampilan/lokasi
|
Kompetensi/kelas/sekolah
|
1.
|
Dinding Candi
|
|
SMP kelas VIII
SK:
Pengetahuan:Memahami dan menerapkan pengetahuan
(faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni,
budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
Keterampilan: Mengolah, menyaji dan menalar dalam
ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat)
dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
KD:
3.9 Membedakan dan menentukan luas permukaan dan
volume bangun ruang sisi datar (kubus, balok, prisma, dan limas)
4.9 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar (kubus, balok, prisma, dan
limas), serta gabungannya.
|
2.
|
Ukiran Relief Raja
|
|
SMP Kelas VII
SK:
Pengetahuan: Memahami pengetahuan
(faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni,
budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
Keterampilan: Mencoba, mengolah, dan menyaji
dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat)
dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam
sudut pandang/teori.
KD:
3.11 Mengaitkan rumus keliling dan luas
untuk berbagai jenis segiempat
(persegi, persegipanjang,
belahketupat, jajargenjang,
trapesium, dan layang-layang) dan segitiga.
4.11 Menyelesaikan masalah kontekstual yang
berkaitan dengan luas dan keliling segiempat (persegi, persegipanjang,
belahketupat,
jajargenjang, trapesium, dan laying-layang) dan
segitiga.
|
3.
|
Ukiran Relief pada Dinding
|
|
SMP Kelas VII
SK:
Pengetahuan: Memahami pengetahuan
(faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni,
budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
Keterampilan: Mencoba, mengolah, dan menyaji
dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan
membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori.
KD:
3.11 Mengaitkan rumus keliling dan luas
untuk berbagai jenis segiempat
(persegi, persegipanjang,
belahketupat, jajargenjang,
trapesium, dan layang-layang) dan segitiga.
4.11 Menyelesaikan masalah kontekstual yang
berkaitan dengan luas dan keliling segiempat (persegi, persegipanjang,
belahketupat,
jajargenjang, trapesium, dan laying-layang) dan
segitiga.
|
4.
|
Atap Candi
|
|
SMP kelas VIII
SK:
Pengetahuan:Memahami dan menerapkan pengetahuan
(faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni,
budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
Keterampilan: Mengolah, menyaji dan menalar dalam
ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat)
dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
KD:
3.9 Membedakan dan menentukan luas permukaan dan
volume bangun ruang sisi datar (kubus, balok, prisma, dan limas)
4.9 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar (kubus, balok, prisma, dan
limas), serta gabungannya.
|
5.
|
Batu Hiasan Candi
|
|
SMP Kelas IX
SK:
Pengetahuan:
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata
Keterampilan:
Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan
ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam
sudut pandang/teori
KD:
3.6 Menjelaskan dan menentukan kesebangunan dan
kekongruenan antar bangun datar
4.6 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
kesebangunan dan kekongruenan antar bangun datar
|
6.
|
Batu Hiasan Candi
|
|
SD Kelas VI
SK:
Pengetahuan:
Memahami pengetahuan faktual dan konseptual
dengan cara mengamati, menanya, dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain.
Keterampilan:
Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual
dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia .
KD:
3.7 Menjelaskan bangun ruang yang merupakan
gabungan dari beberapa bangun ruang, serta luas permukaan dan volumenya
4.7 Mengidentifikasi bangun ruang
yang merupakan gabungan dari beberapa bangun ruang, serta luas permukaan dan
volumenya
|
7.
|
Batu Candi
|
|
SD Kelas VI
SK:
Pengetahuan:
Memahami pengetahuan faktual dan konseptual
dengan cara mengamati, menanya, dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain.
Keterampilan:
Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual
dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia .
KD:
3.6 Membandingkan prisma, tabung, limas, kerucut,
dan bola.
4.6 Mengidentifikasi prisma, tabung, limas,
kerucut, dan bola.
|
C.
Skema
Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika
No.
|
Objek Etnomatematika
|
Kompetensi/kelas/sekolah
|
Sintaks
|
1.
|
Dinding Candi
|
SMP kelas VIII
SK:
Pengetahuan:Memahami dan menerapkan pengetahuan
(faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni,
budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
Keterampilan: Mengolah, menyaji dan menalar dalam
ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat)
dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
KD:
3.9 Membedakan dan menentukan luas permukaan dan
volume bangun ruang sisi datar (kubus, balok, prisma, dan limas)
4.9 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar (kubus, balok, prisma, dan
limas), serta gabungannya.
|
RME
Matematika Konkret
Siswa diajak mengamati salah satu bebatuan
dinding candi di Candi Plaosan.
Model
Konkret
Siswa mengambil foto dari benda konkret tersebut
untuk dianalisis di kelas.
Model
Formal
Di dalam kelas, siswa membuat sketsa mengenai
bentuk bebatuan dinding candi tersebut.
Sketsa yang dibuat mirip dengan bangun ruang
ruang sisi datar yaitu balok.
Matematika
Formal
Setelah mengetahui sketa tersebut mirip bangun
balok dalam matematika, siswa diminta mencari rumus luas permukaan dan volume
di berbagai sumber yang tersedia.
|
2.
|
Ukiran Relief Raja
|
SMP Kelas VII
SK:
Pengetahuan: Memahami pengetahuan
(faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni,
budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
Keterampilan: Mencoba, mengolah, dan menyaji
dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan
membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori.
KD:
3.11 Mengaitkan rumus keliling dan luas
untuk berbagai jenis segiempat
(persegi, persegipanjang,
belahketupat, jajargenjang,
trapesium, dan layang-layang) dan segitiga.
4.11 Menyelesaikan masalah kontekstual yang
berkaitan dengan luas dan keliling segiempat (persegi, persegipanjang,
belahketupat,
jajargenjang, trapesium, dan layang-layang) dan
segitiga.
|
Bruner
Enaktif
Siswa diajak mengamati ukiran relief yang ada di dalam situs Candi
Plaosan.
Ikonik
Di dalam kelas, siswa membuat sketsa mengenai bentuk relief yang tadi
diamatinya.
Simbolik
Siswa mengenal bahwa sketsa tersebut seperti bangun segitiga dalam
matematika. Siswa menghubungkan gambar yang telah di sketsa dengan materi
segitiga, yaitu mengenai keliling dan luas.
|
3.
|
Ukiran Relief pada Dinding
|
SMP Kelas VII
SK:
Pengetahuan: Memahami pengetahuan
(faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni,
budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
Keterampilan: Mencoba, mengolah, dan menyaji
dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat)
dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam
sudut pandang/teori.
KD:
3.11 Mengaitkan rumus keliling dan luas
untuk berbagai jenis segiempat
(persegi, persegipanjang,
belahketupat, jajargenjang,
trapesium, dan layang-layang) dan segitiga.
4.11 Menyelesaikan masalah kontekstual yang
berkaitan dengan luas dan keliling segiempat (persegi, persegipanjang,
belahketupat,
jajargenjang, trapesium, dan laying-layang) dan
segitiga.
|
Bruner
Enaktif
Siswa diajak mengamati ukiran relief pada dinding candi.
Ikonik
Di dalam kelas, siswa membuat kembali sketsa pola relief pada dinding
candi yang telah di amatinya.
Simbolik
Siswa mengenal bahwa sketsa tersebut seperti bangun persegi panjang
dalam matematika. Siswa menghubungkan gambar yang telah di sketsa dengan
materi persegi panjang, yaitu mengenai keliling dan luas.
|
4.
|
Atap Candi
|
SMP kelas VIII
SK:
Pengetahuan:Memahami dan menerapkan pengetahuan
(faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni,
budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
Keterampilan: Mengolah, menyaji dan menalar dalam
ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat)
dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
KD:
3.9 Membedakan dan menentukan luas permukaan dan
volume bangun ruang sisi datar (kubus, balok, prisma, dan limas)
4.9 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar (kubus, balok, prisma, dan
limas), serta gabungannya.
|
Bruner
Enaktif
Siswa diajak mengamati bentuk atap candi yang dilihatnya dari dalam
candi di situs Cndi Plaosan.
Ikonik
Di dalam kelas, siswa membuat kembali sketsa bentuk atap candi yang
telah di amatinya.
Simbolik
Siswa mengenal bahwa sketsa tersebut seperti bangun ruang limas dalam
matematika. Siswa menghubungkan gambar yang telah di sketsa dengan materi
bangun ruang limas, yaitu membedakan dan menentukan luas permukaan dan volume
bangun ruang sisi datar.
|
5.
|
Batu Hiasan Candi
|
SMP Kelas IX
SK:
Pengetahuan:
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata
Keterampilan:
Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan
ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam
sudut pandang/teori
KD:
3.6 Menjelaskan dan menentukan kesebangunan dan
kekongruenan antar bangun datar
4.6 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
kesebangunan dan kekongruenan antar bangun datar
|
RME
Matematika Konkret
Siswa diajak mengamati salah satu bentuk bebatuan
hiasan yang ada diatap candi di situs Candi Plaosan.
Model
Konkret
Siswa mengambil foto dari benda konkret tersebut
untuk dianalisis di kelas.
Model
Formal
Di dalam kelas, siswa membuat sketsa mengenai bentuk
bebatuan hiasan candi tersebut.
Sketsa yang dibuat ternyata memenuhi mirip dengan
konsep kesebangunan dan kekongruenan antar bangun datar yang membentuk bentuk
batu tersebut.
Matematika
Formal
Setelah mengetahui sketa tersebut menjadi konsep
kesebangunan dan kekongruenan antar bangun datar, siswa diminta untuk
menganalisis apa yang membuat bentuk tersebut dapat dikatakan sebangun dan
kongruen dengan mencari di berbagai sumber yang ada.
|
6.
|
Batu Hiasan pada Runtuhan Candi
|
SD Kelas VI
SK:
Pengetahuan:
Memahami pengetahuan faktual dan konseptual
dengan cara mengamati, menanya, dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain.
Keterampilan:
Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual
dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia .
KD:
3.7 Menjelaskan bangun ruang yang merupakan
gabungan dari beberapa bangun ruang, serta luas permukaan dan volumenya
4.7 Mengidentifikasi bangun ruang
yang merupakan gabungan dari beberapa bangun ruang, serta luas permukaan dan
volumenya
|
RME
Matematika Konkret
Siswa diajak mengamati salah satu batu hiasan
pada runtuhan candi yang ada di situs Candi Plaosan.
Model
Konkret
Siswa mengambil foto dari benda konkret tersebut
untuk dianalisis di kelas.
Model
Formal
Di dalam kelas, siswa membuat sketsa mengenai bentuk
batu hiasan pada runtuhan candi tersebut.
Sketsa yang dibuat mirip dengan bangun ruang
ruang sisi datar, yaitu gabungan antara bangun ruang balok dan prisma
segitiga.
Matematika
Formal
Setelah mengetahui sketa tersebut mirip gabungan
bangun ruang balok dan prisma dalam matematika, siswa diminta mencari rumus
luas permukaan dan volume bangun ruang di berbagai sumber yang tersedia.
|
7.
|
Batu Candi
|
SD Kelas VI
SK:
Pengetahuan:
Memahami pengetahuan faktual dan konseptual
dengan cara mengamati, menanya, dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain.
Keterampilan:
Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual
dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia .
KD:
3.6 Membandingkan prisma, tabung, limas, kerucut,
dan bola.
4.6 Mengidentifikasi prisma,
tabung, limas, kerucut, dan bola.
|
RME
Matematika Konkret
Siswa diajak mengamati salah satu batu candi di
situs Candi Plaosan.
Model
Konkret
Siswa mengambil foto dari benda konkret tersebut
untuk dianalisis di kelas.
Model
Formal
Di dalam kelas, siswa membuat sketsa mengenai
bentuk batu yang ada di candi tersebut.
Sketsa yang dibuat mirip dengan bangun tabung.
Matematika
Formal
Setelah mengetahui sketa tersebut mirip bangun
tabung dalam matematika, siswa diminta untuk membandingkan dengan bangun yang
lain di berbagai sumber yang tersedia.
|
D.
Perangkat
Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika
1.
RPP
2.
LKPD
Komentar
Posting Komentar